Subhanallah! Nyi Roro Kidul Ternyata Telah Disebutkan Dalam Al-quran Dan Hadist

Masyaalloh! Nyi Roro Kidul Ternyata Telah Disebutkan Dalam Al-quran Dan Hadis



vyrals0.blogspot.com - Nama Nyi Roro Kidul tentu saja sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Sosok misterius ini dipercaya adalah penguasa pantai selatan Jawa. Kabarnya, ada yang pernah menyaksikan Nyi Roro Kidul ini.


Menurut suatu versi cerita, Nyi Roro Kidul ini adalah putri raja bernama Kadita yang mempunyai paras cantik jelita. Namun, karena ada yang dengki kepadanya, konon dirinya diguna-guna oleh dukun. Sehingga wajah cantiknya penuh dengan penyakit kudis. Karena itulah, dia meninggalkan rumah untuk terjun ke Laut Selatan. Namun keajaiban terjadi ketika dirinya menyentuh air laut. Dirinya sembuh dan akhirnya menjadi sosok Nyi Roro Kidul.

Melansir dari channel Youtube Inidia Misteripedia, sosok Nyi Roro Kidul ini ternyata telah disebutkan dalam Al-quran dan Hadis. Berikut ulasannnya!



Menurut pandangan Islam, Nyi Roro Kidul ini merupakan salah satu sosok perwujudan jin atau raja Jin yang menguasai lautan. Dalam suatu hadis diriwayatkan: Ibnu Sayyad pernah ditanya, "apa yang kamu lihat? Saya melihat singgasana diatas lautan yang dikelilingi beberapa ular". Jawab Ibnu Sayyad. Rosululloh SAW pun bersabda, "Dia telah melihat singgasana iblis!" (HR. Ahmad). Dari hadis tersebut kita tahu bahwa singgasan Jin (iblis) dilautan itu ada. Salah satunya adalah singgasana Nyi Roro Kidul Ini.

Sementara Ibnu Katsir dalam kitabnya "Bidayah Wa nihaya" menerangkan, bahwa iblis memiliki banyak tentara dan memilih lautan sebagai istana. Seperti diketahui lautan merupakan merupakan temoat luas di bumi ini, mencapai 3/4 bagiannya. Tujuannya adalah supaya iblis leluasa memerintah tentaranya yang jumlahnya banyak sekali.

Dalam perspektif Islam pula, juga sudah sangat jelas bahwasanya sosok Jin yang menguasai lautan sudah sangat jelas diterangkan dalam Al-quran. Tepatnya pada Surat Al-Hijr ayat 26-27.




Artinya: “26. dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. 27. dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” (al-Hijr: 26-27).

Dari ayat tersebut, kita dapat simpulkan bahwa selain menciptakan manusia, Alloh SWT telah lebih dulu menciptakan Jin. Alloh SWT juga membiarkan mereka hidup di dunia meski dengan dimensi yang berbeda dengan manusia.

Jin yang dimaksud dalam Al-quran tadi, masih menyeluruh. Namun dalam hadis yang telah lebih dulu dijelaskan, Jin lebih suka menempati laut sebagai singgasananya. Jadi sosok Nyi Roro Kidul bisa saja dikaitkan sebagai Ratu Jin yang mempunyai singgasananya di laut selatan. Ada yang mengabarkan kalau Nyi Roro Kidul ini juga mempunyai bala tentara yang sangat banyak. Wallohu a'lam.


Perlu kita ketahui, barangkali masih banyak singgasana dan kerajaan Jin lainya yang ada di seluruh lautan yang ada di dunia ini. Dan secara umum, itu telah dijelaskan dalam Al-quran surat Al-hijr ayat 26-27tersebut, serta diperkuat hadis riwayat Ahmad tadi.

sumber : Inidia Misteripedia

0 Response to "Subhanallah! Nyi Roro Kidul Ternyata Telah Disebutkan Dalam Al-quran Dan Hadist"

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==