Menggemparkan dunia! Salju turun di Arab saudi


Apa yang terlintas dalam pikiran Anda waktu mendengar kata Arab Saudi. Sebagian dari Anda tentu menilai negara ini punya suhu yg sangat panas dan gurun yg tandus.

Rasanya tidak mungkin jika akan terdapat salju yg turun. Jangankan salju, hujan saja terbilang sporadis terjadi.

Namun, baru-baru ini pengguna media umum dibuat geger menggunakan temuan salju yg turun pada Arab Saudi bagian utara dalam Sabtu, 27 Januari 2018.

Sebuah video memperlihatkan terdapat tumpukan salju putih yg tersebar luas. Dalam video itu juga tergambar kegembiraan beberapa orang yg merasa terhibur saat salju turun, demikian dikutip menurut halaman Haaretz.Com, Senin (29/1/2018)

Tak hanya di daerah Arab Saudi, sebuah wilayah pada Lebanon pun juga tak luput menurut salju.

Salju yang turun pada daerah itupun dilaporkan menyebabkan tragedi bagi pengungsi Suriah yg berusaha menyeberang ke Lebanon.

Dilaporkan ada sembilan pengungsi Suriah membeku sampai tewas ketika salju waktu menerpa rute penyelundupan mereka.

Tentara setempat berhasil menyelamatkan enam orang lain dalam kondisi selamat, sementara sembilan lainnya tidak bisa diselamatkan.

Hingga ketika ini belum dijelaskan apa penyebab turunya salju pada daerah tandus, terutama Arab Saudi & Lebanon.

Salju Turun di Gurun Sahara


Belum lama   ini, salju pula turun pada Gurun Sahara -- lokasi yang selama ini dikenal gersang & tandus. Salju dilaporkan turun hingga ketebalan 16 inci (40 centimeter) di tempat Gurun Sahara setelah sebuah anomali trend dingin terjadi di sana.

Dikutip dari page Daily Mail, kenyataan ini sudah terjadi sebanyak 3 kali dalam kurun 40 tahun terakhir. Tepatnya pada kota Ain Sefra, Aljazair, butiran es menyelimuti pasir coklat kemerah-merahan tadi.

Anomali salju tadi dikabarkan muncul datang-datang pada Minggu, 7 Januari 2018. Suhu gurun yang lebih dingin pada bulan Januari membuat salju mengendap relatif tebal di gundukan pasirnya.

Sementara pada pusat kota, salju tampak terlihat hanya dengan tinggi 1 hingga 2 inci, & seketika mencair kurang berdasarkan 24 jam lalu.

Sebuah video yg diunggah sang situs Russian Today memperlihatkan, keindahan Gurun Sahara yang tak kalah menarik ketika diselimuti salju.

Kawasan gurun yang semula panas kini   berubah sebagai dingin. Beberapa fotografer yg mengabadikan momen tersebut bahkan mengenakan jaket & mantel agar tetap hangat.

Karim Bouchetata, seorang fotografer profesional yg tengah berada pada lokasi, mengaku terkejut melihat fenomena salju tersebut & mengabadikannya melalui lensa kameranya.

"Kami pada sini sangat terkejut melihat salju pada pagi hari, dan itu bertahan hingga sepanjang hari sampai mulai meleleh pada pukul lima sore," kentara Bouchetata.

0 Response to "Menggemparkan dunia! Salju turun di Arab saudi"

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==