Jangan Bingung! Inilah Perbedaan Android Go dan Android One


Di acara Google I/O yang diselenggarakan pada tahun 2017 kemarin, Google memperkenalkan Android Go. Sistem operasi Android Go sendiri pada dasarnya adalah OS Android yang telah mereka modifikasi untuk phone dengan spek kelas bawah.

Tapi, perlu diingat jika Google sendiri juga mempunyai software Android One dimana mereka merilis smartphone yang menyasar ke kawasan Asia Tenggara. Lalu apa perbedaan Android One dengan Go?

Perbedaan Android One dan Android Go

Jika kamu masih bertanya-tanya apa perbedaan antara Android One dan Android Go yang dimana sama-sama mengincar pasar kelas menengah ke bawah? Langsung saja JalanTikus kupas tuntas. Langsung disimak aja ya!
 
Android One

Android One adalah proyek Google dimana mereka merancang hardware dari sebuah phone untuk dipasarkan ke negara-negara berkembang. Pada dasarnya Google-lah yang mengontrol semua Android One yang dirilis, mulai dari perangkat keras sampai perangkat lunaknya, seperti Google Nexus dan Pixel.

Namun, ada beberapa syarat ketat untuk dipenuhi sebagai ide kunci dari Android One. Idenya adalah OS Android murni tanpa modifikasi dari pihak manufaktur, pembaruan keamanan yang berkala, dan spesifikasi maksimum dari sebuah cellphone yang ketat.
 
Android Go
 
Android Go sendiri adalah projek Google yang lebih memfokuskan diri pada sistem operasinya, bukan hardware-nya. Jadi, Google sendiri membuat sebuah sistem operasi berbasis Android Oreo yang telah dimodifikasi agar lebih kompatibel dengan phone kelas low-give up.

Karena dikhususkan pada telephone kelas bawah, Android Go memiliki sistem manajemen records yang lebih most appropriate dalam segi penyimpanan dan records seluler. Seperti contohnya ukuran sistem operasi Android Go yang dipangkas hampir setengah dari Android Oreo yang regular.

Untuk urusan manajemen kuota internet, Android Go telah dilengkapi dengan fitur 'Data Saver' yang telah dipasang secara default. Jadi, pastinya paket information yang digunakan di smartphone Android Go akan lebih awet ketimbang di telephone lainnya.

Google juga telah menyediakan beberapa aplikasi khusus yang dibuat untuk Android Go, seperti YouTUbe Go, Files Go, Google Go, dan masih banyak lagi. Playstore juga telah dioptimasikan oleh Google yang lebih menyorot aplikasi yang akan bekerja dengan baik pada perangkat Android Go, seperti Facebook Lite.
 
Kesimpulan

Pada akhirnya, Android One adalah sekumpulan dari cellphone yang telah diatur oleh Google, sedangkan Android Go adalah sistem operasi yang telah dimodifikasi oleh Google agar lebih ringan dan bisa digunakan oleh banyak telephone.

Tidak ada spesifikasi maksimal yang harus dipenuhi oleh smartphone yang ingin menggunakan Android Go. Jika sebuah manufaktur ingin merilis sebuah cellphone kelas bawah, Google berharap Android Go dapat digunakan oleh mereka.

Sayangnya JalanTikus belum dapat gambaran apakah kedepannya Google juga akan menanamkan Android Go pada perangkat Android One-nya. Kita tunggu saja sampai Google merilis sebuah cellphone lagi ya!
 
Akhir Kata

Nah, itulah perbedaan Android One dan Go yang perlu kamu ketahui agar tidak salah kaprah, bahkan menyamakan dua produk Google tersebut. Jadi, jika kamu ingin mencari phone dengan spesifikasi kelas bawah, ada baiknya kamu memilih cellphone dengan sistem operasi Android Go ya.

0 Response to "Jangan Bingung! Inilah Perbedaan Android Go dan Android One"

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==